<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d12189054\x26blogName\x3dLove+For+You+...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://fistica.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://fistica.blogspot.com/\x26vt\x3d7699077402297851899', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Love For You ...
 

:: Minggu 21 Ke Minggu 28 ::


Sambungan dari Sini

Minggu ke 21

Pada minggu ke 21 ini akan ada perubahan warna pada kulit disekitar perut bawah anda yaitu timbulnya garis coklat berawal dari atas tulang kemaluan sampai ke bagian pusar yang dinamakan linea nigra. Terjadinya perubahan warna tersebut karena adanya hormon kehamilan dan berakibatnya terjadinya hipermigmentasi, selain perubahan warna di perut juga dapat terjadi perubahan warna di wajah seperti masker yang terjadi di pipi, hidung dan disekitar mata, perubahan warna ini sering disebut sebagai Masker Kehamilan atau cloasma. Terjadinya perubahan warna kulit ini akan sangat terlihat pada orang yang memiliki kulit gelap, semakin gelap warna kulitnya maka semakin gelap linea nigra terlihat.


Akibat berubahnya hormon pada wanita pada saat hamil maka banyak pula perubahan yang semakin terlihat, terutama pada kulit. Selain terjadinya hiperpigmentasi cloasma dan linea nigra ada juga yang disebut dengan noda merah (spider angiomas) yang dapat timbul dimana pun dibagian tubuh anda. Sebenarnya semua perubahan pada kulit yang terjadi pada saat kehamilan akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan dan sebaiknya juga hindari terpapar matahari terlalu panas dan selalu gunakan sunblock apabila akan melakukan aktivitas luar.

Bayi di fase minggu ke 21 mungkin anda akan terkejut kalo di minggu ini bayi anda sudah belajar untuk tidur dan bangun pada jam yang lebih konsisten. Sel darah putih (leukosyt) bayi sudah mulai terbentuk untuk melindungi bayi dari infeksi dan penyakit. Gigi bayi sudah sepenuhnya terbentuk dibawah gusinya. Apabila bayi yang dikandung perempuan pada minggu ini sudah terbentuk vagina. Berat badan bayi sudah sekitar 360-370 gram dengan tinggi 26-27cm.

Minggu Ke 22

Kehamilan di minggu ke 22 mungkin berat anda sudah bertambah sekitar 5-7 kg, dimana pada minggu-minggu selanjutnya kenaikan berat badan anda sekitar 1 kg perbulan. Berat badan anda juga sudah mulai harus diperhatikan apabila diawal kehamilananda yang termasuk orang kategori kurus maka anda harus menyesuaikan kenaikan berat badan anda sebaliknya juga apabila dari awal anda termasuk orang yang kelebihan berat badan maka diharapkan anda dapat mengurangi sedikit kenaikan berat anda.

Walaupun anda akan mengalami kenaikan berat badan paa minggu-minggu selanjutnya tetapi tetap anda harus memperhatikan asupan gizi yang baik bagi anda dan bayi anda.Sebaiknya anda sudah mempertimbangkan untuk meningkatkan tambahan zat besi pada asupan makanan anda. Zat besi ini berguna untuk membentuk zat darah merah atau Haemoglobin, dan memperkuat daya tahan tubuh anda. Haemoglobin ini merupakan protein yang membawa oksigen keseluruh tubuh anda. Zat besi ini dapat anda temukan pada daging merah, daging unggas dan ikan. Disarankan anda juga tetap menyantap makanan yang uga mengandung vitamin C seperti dalam Jeruk, strawberry, atau brocolly. Vitamin C ini akan membantu penyerapan zat besi lebih baik kepada tubuh anda.

Kulit tubuh bayi sudah mulai semakin jelas walaupun masih keriput, keriput tersebut akan berkurang dengan seiring pertambahan berat badannya. Hati-hati bayi bisa mengetahui semua rahasia ayah ibunya karena bayi sudah semakin jelas mendengar semua pembicaraan ayah ibunya apapun yang anda bicarakan, nyanyikan, atau hal-hal apapun yang mungkin memang anda ingin bicarakan dengan si bayi sudah dapat ia dengarkan. Alis mata dan kelopak matanya pun sudah semakin jelas terbentuk. Otak bayi pun sudah terbentuk baik walaupun perkembangannya masih terus akan berlangsung hingga bayi anda lahir serta berkembang sampai balita. Apabila bayi anda laki-laki maka akan terbentuk testis dan mulai menghasilkan sperma tetapi dalam bentuk yang sangat sederhana. Berat badan bayi anda sekitar 400-450 gr dengan tinggi badan 26-30 cm.

Minggu ke 23

Kram pada kaki adalah salah satu hal yang mungkin terjadi pada saat kehamilan. Kram kaki juga dapat timbul bahkan mungkin sering terjadi pada saat malam hari atau ditengah-tengah tidur nyenyak anda. Kram kaki ini juga dapat ditimbulkan karena lelah dengan aktifitas anda seharian dan berkumpulnya cairan pada kaki anda.

Sebaiknya di siang hari apabila anda banyak melakukan aktifitas anda dapat menghentikan aktifitas anda beberapa saat untuk beristirahat dan mengangkat kaki anda dengan posisi yang lurus. Anda dududk di kursi dan taruhlah kursi lain dihadapan anda dan letakan kaki di kursi tersebut. Selain itu usahakan untuk tetap banyak meminum air putih paling sedikit 8 gelas per hari.

Mata bayi anda sudah terbentuk baik walaupun warna mata bayi anda masih belum jelas. Pankreas bayi sudah mulai memproduksi insulin. Paru-parunya semakin berkembang untuk mempersiapkan bayi untuk bernafas. Berat badan bayi anda sudah mencapai 500-510 gram dengan tinggi 28-30 cm.

Minggu ke 24

Pada umumnya pada minggu ke 24 kehamilan disarankan untuk melakukan check gula darah, untuk mengetahui apakah anda menderita diabetes pada kehamilan Gestational Diabetes. Diabetes pada kehamilan dapat menyebabkan bayi anda lahir dengan berat badan yang tinggi yang membuat anda harus melahirkan secara cesar

Apabila anda mengalami diabetes pada kehamilan maka sebaiknya anda langsung diawasi oleh dokter anda. Ada kemungkinan diabetes pada kehamilan akan hilang setelah anda melahirkan. Sehingga disarankan untuk melakukan test kadar gula darah lagi setelah anda melahirkan untuk menentukan apakah anda menjadi penderita diabetes atau tidak. Walaupun mungkin anda tidak mengidap penyekit diabetes setelah melahirkan tetapi tetap disarankan untuk menjaga pola makan dan pola hidup sehat dikemudian hari untuk menghindari timbulnya Diabetes Mellitus dikemudian hari.

Kulit bayi pada saat ini masih tipis dan transparan, dan masih keriput tapi lapisan kulit bayi anda sudah mulai terisi dengan lapisan lemak. Bayi anda di minggu ini sudah mulai bisa merasakan setiap minuman yang di konsumsi oleh ibunya karena indera perasa bayi sudah mulai berkembang. Paru-parunya sudah mulai membentuk cabang dan saluran pernafasannya sudah mulai membentuk menyerupai pohon. Berat bada bayi anda sekita 600-610 gram dengan tinggi badan sekitar 30-32 cm.

Minggu ke 25

Sudah saatnya untuk anda untuk mencari kelas-kelas untuk senam kehamilan. Kelas kehamilan ini diperlukan oleh anda untuk mempermudah dan membantu anda mempersiapkan diri untuk persalinan terutama bagi anda yang sedang mengalami kehamilan yang pertama kali. Selain anda, suami anda pun dapat memperoleh informasi mengenai proses melahirkan, ataupun pengetahuan mengenai hal-hal yang mungkin terjadi pada saat melahirkan.

Pada umumnya kelas senam kehamilan hampir serupa dan menawarkan pilihan-pilihan yang serupa. Pemilihan tempat senam kehamilan sebaiknya berdasarkan pertimbangan antara lain jumlah dari peserta yaitu tidak terlalu banyak peserta karena akan mengakibatkan kurang efektifnya pertukaran informasi, rekomendasi dari dokter atau bidan anda

Tulang bayi anda di minggu ini semakin mengeras dan bayi anda menjadi bayi yang semakin kuat. Saluran darah di paru-paru bayi sudah semakin berkembang. Garis disekitar mulut bayi sudah mulai membentuk tetapi fungsi menelan sudah semakin membaik. Indera penciuman bayi sudah semakin membaik karena di minngu ini bagian hidung bayi (nostrils) sudah mulai berfungsi. Berat bayi sudah mencapai 650-670 gram dengan tinggi badan 34-37 cm.

Minggu Ke 26

Seiring dengan semakin membesarnya perut anda mungkin anda mulai merasakan sakit pada bagian punggung. Sakit ini bisa berupa pegal-pegal. Hal ini dikarenakan dengan membesarnya perut anda maka secara refleksi menyebabkan pundak anda kearah belakang untuk menahan beban depan tubuh anda dan bertumpu pada bagian belakang tubuh anda.

Untuk mengurangi keluhan sakit pada bagian punggung maka disarankan untuk mengurangi penggunaan sepatu dengan hak tinggi, tetap memperhatikan peningkatan berat badan sesuai standard karena kalau berat badan bertambah secara berlebihan maka akan menyebabkan semakin berat beban punggung anda, memperhatikan posisi tubuh yang baik dengan menegakan tubuh anda selain itu anda juga harus memperhatikan sikap apabila anda akan mengambil barang hindari membungkuk. Hindari berdiri, duduk dan berjalan dengan waktu yang lama

Bayi anda sudah bisa mengedipkan matanya di minggu ke 26 ini selain itu retina matanya telah mulai terbentuk. Aktifitas otaknya yang berkaitan dengan pendengarannya dan pengelihatannya sudah berfungsi, mungkin anda dapat memulai mendengarkan lagu yang ringan dan juga anda dapat mencoba untuk memberi cahaya lbih disekitar perut, mungkin anda akan merasakan kalau bayi anda menganggukan kepala. Minggu ke 26 kehamilan berat badan bayi anda sudah mencapai 750-780 gram sedangkan tinggi badan bayi anda 35-38 cm.

Minggu ke 27

Sekitar kehamilan minggu ke 27 ini anda harus sedikit berhati-hati dengan semakin meningkatnya tekanan darah anda. Apabila tekanan darah yang meningkat ini disebut dengan preeklamsia, hal ini harud diwaspadai karena dapat berakibat fatal terhadap bayi dan anda. Anda harus berhati-hati apabila anda mengalami pandangan mata yang kabur, berkeringat pada tangan dan wajah, meningkatnya berat badan secara tiba-tiba tanpa adanya peningkatan jumlah makanan, tiba-tiba anda merasa pusing tanpa sebab. Sebaiknya hubungi dokter atau bidan untuk tindakan selanjutnya.

Sebaiknya semenjak awal kehamilan anda tidak melewatkan pertemuan dengan dokter anda, karena dari pertemuan dari dokter itulah tekanan darah anda dapat terdeteksi. Ada 2 kemungkinan yang mungkin dapat anda lakukan apabila memang anda memiliki tekanan darah tinggi, yang pertama adalah untuk beristirahat di rumah lebih banyak atau anda akan beristirahat di rumah sakit dengan pengawasan yang ketat dari bayi anda.

Otak bayi anda sudah berkembang semakin baik dan sudah mulai dapat berpikir, mungkin anda pun berpikir hal apakah yang dipikirkan bayi dalam kandungan? tetapi tetap disarankan untuk berbagi cerita, kebahagian, musik atau apapun dengan bayi anda. Bagaimanapun setiap anda bercerita atau suami anda menyanyi bayi anda sudah mulai bisa mengenalinya karena minggu ke 27 ini jaringan ditelinganya mendekati sempurna. Bayi mungil anda mulai belajar bernafas walaupun dalam air, paru-parunya berlanjut berkembang untuk mempersiapka bayi bernafas ketika sudah lahir.Kelopak matanya sudah mulai belajar membuka dan retina matanya telah terbentuk. Berat bandan bayi anda 870-890 gram dengan tinggi badan 36-38 cm.

Minggu ke 28

Anda mungkin akan merasakan kalau pada kenaikan berat badan di kehamilan trisemester merupakan kenaikan berat badan terbanyak dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya. Hal ini menunjukan pertumbuhan yang baik karena menujukan bahwa bayi anda pun mengalami perkembangan dan kenaikan yang tepat. Peningkatan berat badan ini tidak akan membuat anda terlihat gendut karena kanaikan berat badan ini di distribusikan antara lain untuk bayi anda dan placenta, dan juga ke cairan ketuban bagi bayi anda, dan juga ke payudara anda. Jadi anda tidak perlu khawatir kalo anda tidak terlihat sexy. Justru wanita hamil terlihat lebih sexy.

Walaupun berat badan anda akan meningkat banyak pada trisemester ketiga bukan berarti anda dapat memanjakan diri dengan makan yang banyak dengan beranggapan bahwa memang trisemester ketigalah yang membuat anda semakin besar. Anda tetap harus memperhatikan pola makan sehat anda agar kenaikan berat badan anda dalam batas yang normal dan tidak berlebihan. Selain itu juga tetaplah menjaga stamina dengan berolah raga.

Bagian mata bayi anda semakin sempurna karena bulu mata dan alis matanya telah terbentuk jelas begitu pula dengan matanya yang telah terbentuk sempurna. Tubuh bayi anda semakin baik dengan mulai berkembangnya jaringan lemak dibawah kulit dan volume tulang yang semakin kuat dan berisi. Paru-paru bayi anda pun telah berfungsi
To be continue ....

Labels:

There