<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\07512189054\46blogName\75Love+For+You+...\46publishMode\75PUBLISH_MODE_BLOGSPOT\46navbarType\75BLUE\46layoutType\75CLASSIC\46searchRoot\75http://fistica.blogspot.com/search\46blogLocale\75en_US\46v\0752\46homepageUrl\75http://fistica.blogspot.com/\46vt\759083172988036230917', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Love For You ...
 

:: Minggu 12 ke Minggu 20 ::


Hayaah ... pada kangen ngak yaa hehehe .. dah lama ngak up date blog .... manggap banget yang udah protes ..... apa daya kemauan ada tapi ganjalan kadang datang begitu aja .. kekekeke ngak nyambung .. kali ini hanya mo mengabadikan minggu demi minggu si dd dalam rahimku .. seneeeng banget dd sekarang dah lincah sering tendang - tendang melulu .. but mm seneng - seneng aja seh kayak ada yang mengelitik .....
Alhamdulillah ........ ngak terasa dah memasuki minggu ke 28 usia kehamilanku, dulu waktu usia kandunganku masih umur 10 minggu iseng buka - buka cari situs tentang kehamilan maklum masih rada khawatir karena pernah mengalami keguguran .... nanya - nanya sama mang google akhirnya dapat info bunda

Dari minggu ke minggu .... Subhanallah kulalui dan kurasakan hadirnya dalam diriku :

Minggu ke 12

Minggu ke 12 kehamilan berat badan anda akan terasa terjadinya kenaikan, kenaikan berat badan ini adalah hal yang biasa terjadi pada kehamilan terutama meningkatnya kebutuhan nutrisi bagi si ibu dan si bayi. Seiring dengan kenaikan berat badan ini tentu saja ada beberapa efek yang timbul diantaranya akan timbulnya gurata-guratan putih atau yang lebih dikenal dengan stretch marks disekitar perut anda.Timbulnya stretch marks ini terkadang disertai dengan rasa gatal. Stretch mark ini terjadi karena meningkatnya berat badan anda yang tentu disertai dengan melebarnya kulit dibagian perut anda.

Menjaga pola makan yang baik adalah hal yang paling mudah dilakukan untuk mengurangi efek stretch mark karena selama kenaikan masih dalam batas yang wajar kira-kira 2 -3 kg selama trisemester pertama maka kemungkinan melebarnya jaringan kulit tidak terlalu besar, selain itu dimungkinkan juga untuk mengoleskan stretch marks lotion untuk mengurangi rasa gatal.

Pertumbuhan bayi anda semakin jelas dengan terbentuknya kuping, mata bayi anda yang letaknya semakin berdekatan, pita suaranya pun mulai terbentuk di minggu ini. Organ hatinya pun sudah mula berfungsi untuk membersihkan darah, menyimpan nutrisi makanan, dan organ pankreas bayi anda sudah mulai memproduksi insulin. Anda sudah mulai bisa mendengarkan detak jantung bayi anda. Fase minggu ke 12 kehamilan tinggi badan bayi anda adalah 5,4-5,5 cm dengan berat badan 14-15 gram.


Minggu ke 13

Kehamilan di minggu 13 anda mungkin akan merasakan nyeri di ulu hati, hal ini bisa terjadi terutama pada kehamilan pertama. Rasa nyeri di ulu hati ini dapat disebabkan karena adanya perubahan hormon progesteron ataupun adanya perubahan secara fisikal dari tubuh anda, yaitu dari membesarnya rahim anda yang menekan perut ke arah atas yang dapat menimbulkan peningkatan asam ke esophagus.

Rasa nyeri di ulu hati dapat anda minimalisasikan dengan mengurangi makanan yang berminyak, makan yang terlalu banyak, mengatur pola makan sehari 6 kali dengan porsi yang sedikit daripada makan 3 kali sehari dengan porsi yang besar, menghindari memakai pakaian yang terlalu ketat.

Tangan mungil bayi anda sudah mulai berfungsi dan sudah mulai bisa menaruh jempol-nya di mulutnya tetapi belum dapat menghisapnya karena otot jaringan untuk menghisap belum berfungsi. Anda tidak perlu takut bayi anda akan kelaparan dan tidak ada warung karena di minggu ke 13 ini bayi anda sudah dapat menyerap makanan dan mendapatkan oxygen melalui placenta. Placenta Bayi anda sudah bisa menundukan kepala karena lehernya sudah semakin panjang. Perkembangan bayi anda di minggu ke 13 sudah seberat 23-24 gram dengan tinggi 7,4-7,5 cm.

Minggu ke 14

Anda sudah bisa menikmati kehamilan anda di minggu ke 14 ini, karena semua ketidak nyamanan yang terjadi di kehamilan trisemester ke 3 seperti morning sickness, mood yang naik turun, mual-mual, pusing-pusing akan mulai berkurang. Anda merasa semua energi anda yang selama ini hilang karena mengalami gejala kehamilan akan mulai berkurang, dan merasakan lebih fit serta kembalinya energi. Disaat ini anda akan merasa menikmati kehamilan anda. Berhati-hatilah dengan kembalinya energi anda yang hilang bersamaan dengan kembalinya nafsu makan anda bahkan papa beberapa wanita justru lebi merasa mudah lapar.

Sebaiknya anda mulai menyadari untuk tidak nyemil untuk mengurangi rasa lapar. Anda dapat menggantikan makanan yang tinggi kalori dan tidak bernutrisi dengan makanan yang bernutrisi seperti apabila anda mempunyai kebiasaan nyemil gorengan, ubahlah dengan nyemil buah-buahan, atau apabila anda menyukai makan coklat cobalah untuk membuat minuman susu rendah lemak dengan ditambahkan sedikit bubuk coklat. Tentu saja anda tidak menginginkan tubuh anda membengkak dan tidak proporsional selama kehamilan maka sebaiknya anda belajar untuk menggantikan jenis makanan yang tidak bernutrisi dengan makanan yang lebih sehat selain baik untuk tubuh and juga baik untuk bayi.

Minggu ke 14 kehamilan bayi anda sudah memproduksi urine dan mengeluarkannya pada amniotic fluid (ketuban), cairan inilah wadah dimana bayi anda mengambang dan cairan ini tidak membahayakan anda ataupun bayi anda. Tubuh mungil bayi anda sudah mulai ditumbuhi dengan bulu halus di seluruh tubuhnya atau yang disebut dengan Lanugo. Bayi anda sudah mulai memproduksi kelenjar tyroid , selain itu bayi anda juga sudah mulai terbentuk kelenjar yang menentukan sebagai laki-laki atau perempuan, bagi bayi laki-laki mulai terbentuk kelenjar prostate dan bagi bayi perempuan mulai terdapatnya ovarium yang berpindah dari perut (abdomen) ke arah pelvis. Bayi mungil anda sudah mulai bisa menghisap ibu jarinya yang mungil. Bayi anda di fase minggu ke 14 sudah seberat 43-45 gram dengan tinggi 8,7-9 cm

Minggu ke 15

Apabila ketika anda menyikat gigi anda dan dari gusi anda keluar darah maka hal ini juga salah satu kemungkinan terjadi pada saat kehamilan. Terjadinya pendarahan dari gusi ini juga disebabkan adanya peningkatan hormon. Hormon ini menyebabkan gusi lebih sensitif yang mengakibatkan timbulnya karang gigi dan hinggapnya bakteri di gusi anda yang dapat membuat kondisi gusi semakin memburuk.

Selama kehamilan memang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Selama kehamilan sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gula tinggi selain untuk menghindari diabetes selama kehamilan (Gestational diabetes) dan juga untuk melindungi gigi anda, sebaiknya setelah anda mengkonsumsi makanan yang manis segeralah menyikat gigi anda untuk menghindari penumpukan sisa makanan di gigi, selain menyikat gigi anda sebaiknya juga cobalah untuk meyikat lidah, perbanyaklah mengkonsumsi Vitamin C yang dapat mengurangi gusi berdarah (gunakan dalam dosis kecil atau sesuai dengan petunjuk dokter) dan Kalsium yang dapat memperkuat kondisi gusi anda. Selama kehamilan usahakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dan apabila dibutuhkan tindakan intensif terhadap gigi dan gusi anda sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi anda dan informasikan kehamilan anda.

Kehamilan di minggi ke 15 ini bayi anda sudah memasuki fase perkembangan pada fisik tubuhnya yaitu kakinya sudah mulai tumbuh dan memanjang, dan tangannya sudah membentuk lebih proporsional sesuai dengan tubuhnya. Tangan dan kaki bayi anda sudah mulai berfungsi dan bergerak walaupun anda masih belum bisa merasakan pergerakannya, selain itu jari mungil kaki dan tangannya telah dilengkapi dengan kuku yang mulai timbul. Jaringan kulit bayi anda masih sangat halus. Alis mata bayi anda sudah mulai terbentuk dan mata bayi anda sudah bisa menangkap adanya cahaya. Anda sudah mulai bisa menyiapkan perlengkapan bayi yang berwarna merah muda atau biru, karena di minggu ini anda sudah bisa melakukan check ultrasonography (USG) untuk melihat jenis kelamin bayi anda. Fase minggu ke 15 kehamilan bayi anda sudah seberat 70-73 gram dengan tinggi 10-12 cm.

Minggu ke 16

Hidung tersumbat tanpa disertai sakit flu juga mungkin terjadi di masa kehamilan. Terjadinya keadaan ini biasanya terjadi karena terjadinya peningkatan hormon pada tubuh selama kehamilan yaitu hormon progesteron dan estrogen yang menimbulkan peningkatan dan pelebaran aliran darah di tubuh ke jaringan membran mucose di hidung yang menyebabkan hidung menjadi lebih lemah, lembut dan berair. Selain itu apabila anda memang mempunyai kecenderungan allergi, maka selama kehamilan alergi anda juga mungkin akan menjadi lebih parah atau mungkin anda menjadi lebih sensitive/alergi pada saat hamil dibandingkan pada saat anda sebelum hamil terutama terhadap be-bauan yang kuat seperti asap pembakaran, bau masakan, asap rokok.

Apabila anda mengalami hidung tersumbat tanpa disertai dengan flu anda dapat menggunakan nasal spray yang bukan bersifat obat tetapi yang terbuat dari air garam. Selain itu anda dapat juga menggunakan uap air untuk beberapa menit saja sampai hidung tidak tersumbat. Konsumsi-lah vitamin C karena vitamin ini dapat memperkuat jaringan kapiler anda. Selama anda menggunakan vitamin C sebaiknya gunakan dosis kecil atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Kepala bayi anda sudah semakin kuat, dan kuping dari bayi anda sudah tepat di posisi samping kepala. Anda sudah mulai bisa memperdengarkan lagu Klasik kepada calon bayi anda agar bayi anda lebih relax. Sistem tubuh dari bayi anda sudah mulai bekerja termasuk sistem kandung kemihnya yang sudah bisa berkemih lebih sering. Jantungnya sudah mulai bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuhnya. Fase ini bayi anda sudah belajar untuk bernafas. Perkembangan tubuh bayi anda di minggu ke 16 kehamilan sudah seberat 100-120 gram dengan tinggi 11-12 cm.

Minggu ke 17

Apabila anda sudah terbiasa melakukan olah raga secara teratur sebelum hamil, sebaiknya tetap pertahankan kebiasaan olah raga tersebut, karena pada minggu ke 17 kehamilan anda akan merasa tubuh mulai tidak proporsional lagi ataupun akan merasa anda menjadi lebih berat. Kegiatan olah raga ini juga sangat bermanfaat bagi bayi dan tubuh anda. Tubuh akan lebih berenergi, dan memperbaiki kualitas tidur karena olah raga dapat memperlancar peredaran darah anda, mengurangi pegal-pegal dipersendian tubuh anda atau kelelahan punggung.

Olah raga yang dapat anda lakukan selama kehamilan adalah olah raga yang ringan antara lain: jalan kaki dengan kecepatan yang cukup, bersepeda dengan kecepatan yang cukup, yoga, renang (tetapi harus diperhatikan suhu air yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin), melakukan stretch dan relaksasi.

Perkembangan bayi anda sudah berbentuk manusia di fase ini. Lemak sudah mulai terbentuk di bawah jaringan kulit bayi anda yang akan berguna untuk mempertahankan suhu tubuh bayi pada saat lahir. Minggu ke 17 kehamilan berat badan bayi anda sudah mencapai 140-150 gram dengan tinggi badan 13 cm.

Minggu ke 18

Kehamilan juga dapat membuat anda mengalami sulit tidur. Hal ini dapt terjadi karena anda jadi sering berkemih di malam hari atau perut anda sudah mulai membesar yang membuat anda sedikit sulit dengan posisi tidur karena sudah mulai merasakan ada rasa mengganjal. Posisi tidur pada saat kehamilan cukup mengganggu, tapi hal ini hanya akan berlangsung selama beberapa minggu yang selanjutnya akan lebih terbiasa.

Mengurangi kesulitan tidur pada saat kehamilan bisa dilakukan dengan mengubah posisi tidur yang lebih nyaman. Posisi tidur yang disarankan adalah tidur dengan posisi miring ke arah kiri dan menyelipkan bantal diantara kaki. Selain posisi tidur tersebut mungkin anda juga dapat merubah ke arah lain atau menggunakan guling sebagai alternatif. Lambat laun anda akan menemukan posisi tidur yang nyaman buat anda. Sebelum tidur juga sebaiknya mengurangi asupan minuman, tetapi pengurangan ini dalam porsi yang wajar dan tidak menyebabakan anda dehidrasi, atau usahakan untuk melakukan olah raga di siang hari karena olah raga yang teratur akan membuat peredaran darah lebih lancar dan mudah tidur.

Anda sudah mulai dapat merasakan tendangan dari bayi anda, pada minggu ke 18 ini tangan dan kaki bayi sudah mulai bergerak secara fleksibel. Apabila bayi anda laki-laki maka kelaminnya sudah dapat terlihat, sedangkan apabila bayi anda perempuan rehimnya dan tube fallopinya terbentuk. Pada kulit luar bayi akan terbentuk suatu lapisan tipis yang akan melindunginya selama bayi mengambang di amniotic fluid (ketuban) atau yang disebut dengan vernix. Berat badan bayi anda sudah mencapai 190-200 gram dengan tinggi badan 14-15 cm.

Minggu ke 19

Pening ataupun juga bisa anda rasakan di minggu ke 19 ini. Pening ini bisa terjadi karena tekanan akibat meluasnya rahim anda pada jaringan darah di urat. Selain itu, posisi yang tiba-tiba bangun akan menimbulkan berubahan aliran darah di otak seiring dengan perubahan posisi secara tiba-tiba. Pening ini terjadi apabila anda bangun dari tiduran secara tiba-tiba atau kelaparan dan kehausan, kepanasan(berendam di air panas terlalu lama atau berjalan di luar dengan panas terik), kurang darah (anemia).

Apabila anda mengalami pening setelah bangun dari tidur maka sebaiknya apabila anda bangun dari posisi tidur atau tiduran sebaiknya anda tidak langsung berdiri melainkan bangun terlebih dahulu, lalu duduklah sebentar, lalu taruhlah kaki disamping tempat tidur anda dan kemudian bangunlah. Apabila anda pening karena kurang darah maka langsung konsumsilah suplemen tambahan atau makanan yang mengandung zat besi.

Kehamilan di minggu ke 19 bayi sudah mulai dapat melakukan kegiatan tidur seperti layaknya bayi yang telah lahir. Apabila bayi yang di kandung adalah bayi perempuan maka ovarium bayi sudah mulai terdapat sel telurnya. Selanjutnya, ginjal bayi terus bekerja yang juga mengeluarkan urine. Akar dari rambut bayi sudah mulai berkembang. Berat badan bayi anda 300-400 gram dengan tinggi badan 16-15 cm

Minggu ke 20

Anda sudah menjalani setengah dari seluruh kehamilan. Kehamilan di minggu ke 20 ini adalah saat yang tepat bagi anda untuk menikmati kehamilan anda karena selain anda sudah terbiasa dengan gaya hidup yang lebih sehat anda juga sudah bisa memulai komunikasi dengan bayi anda di dalam. Komunikasi pada bayi yang belum lahir pada dasarnya adalah untuk lebih menjalin hubungan ikatan antara orang tua dan bayi dan belum dapat dipastikan secara ilmiah bahwa bermain bersama bayi dalam kandungan anda, akan membuat bayi dalam kandungan akan lebih pintar setelah bayi lahir.

Bayi yang sudah memasuki akhir trisemester ke 2 atau di awal semester ke 3 sudah mulai dapat mendeteksi suara yang ada disekitarnya, terutama suara ayah dan ibunya, karena bayi setiap hari sudah sering mendengar pada saat ayah dan ibunya sedang berbicara. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa dengan memperdengarkan musik terutama musik klasik pada saat bayi masih di dalam kandungan dapat membuat bayi akan lebih tenang ketika sudah lahir dan memang setelah bayi lahir kemudian diperdengarkan musik klasik yang sama tersebut bayi akan lebih tenang. Hal ini terjadi karena bayi sudah terbiasa mendengarkan musik dengan tempo yang tenang yang selama ini dia sudah kenal dan musik inilah yang membuatnya relaks. Selain memperdengarkan musik memang dianjurkan untuk memulai bercanda dengan bayi yang anda kandung mungkin akan terlihat aneh tapi hal ini bisa membuat hubungi orang tua dan bayi terjalin sejak dini.

Pada minggu ke 20 ini perkembangan vital pada bayi sudah hampir selesai, di minggu selanjutnya hanya perkembangan fungsinya menjadi lebih sempurna untuk dipersiapkan melihat dunia. Jantung bayi anda sudah bekerja semakin baik. Apabila bayi berjeniskelamin perempuan maka dibulan ini rahim bayi sudah mulai berkembang dan sudah menghasilkan 6 juta sel telur pada indung telurnya (ovarium) tapi jumlah ini akan menurun pada saat bayi dilahirkan menjadi sekitar 1 juta sel telur. Kaki bayi anda sudah berkembang baik dan anda sudah mulai merasakan tendangannya. Indera pendengaran, pengelihatan, indera perasa dan penciuman sudah mulai berkembang. Berat badannya 300-400 gram dengan tinggi badan 25-26 cm di minggu ke 20.

To be continue ....

Labels:

There