<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d12189054\x26blogName\x3dLove+For+You+...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://fistica.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://fistica.blogspot.com/\x26vt\x3d9083172988036230917', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Love For You ...
 

Catatan Moderator Diskusi Tgl 28/4/05

Coretan_ku
Bismillahirohmanirrohim,
Assalamu alaikum wrwb,

Segala puji syukur terpanjat kepada Allah SWT dan Sholawat serta salam selalu tercurahkan keharibaan Rasulullah SAW.

Sedikit catatan dari diskusi tanggal 28-4-05



Kesiapan Pra Nikah
( biar ngak gagal melulu bo ;-) )

Menikah ......... ?!?!?!?! ;-)
Sebetulnya kendalanya dimana kok bisa gagal melulu sich ? .... kenapa bisa gagal melulu, ada beberapa katagori dasar mengapa terjadi kegagalan :

A. Belum ada kesiapan mental dari diri si pelaku, antara lain :

- Kesiapan hidup dengan orang lain ;
Benarkah menikah didasari oleh kecocokan? Kalau dua-duanya doyan musik, berarti ada gejala bisa langgeng... Kalau sama-sama suka ketoprak berarti masa depan cerah...(That simple?........) Berbeda dengan sepasang sandal yang hanya punya aspek kiri dan kanan, menikah adalah persatuan dua manusia, pria dan wanita. Dari anatomi saja sudah tidak sebangun, apalagi urusan jiwa dan hatinya. Dalam pernikahan menyatukan dua orang yang berbeda dari karakter, hobby, kebiasaan dll itu tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Maka, itulah seni keindahan dari pernikahan saling memahami pasangannya saling mengisi kekurangan dari masing masing individu, seperti Firman 4JJI SWT

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih sayang (mawaddah dan rahmah). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."(QS.30:21)

Subhanallah, Allah telah menjadikan segala sesuatu berpasang-pasangan, banyak hikmah yang dapat kita renungkan. Dengan menikah kita bisa belajar merendahkan ego kita, karena dengan menikah adalah proses pendewasaan. Dan untuk memasukinya diperlukan pelaku yang kuat dan berani. Berani menghadapi masalah yang akan terjadi dan punya kekuatan untuk menemukan jalan keluarnya. Kedengarannya sih indah, tapi kenyataannya? Harus ada 'Komunikasi Dua Arah', 'Ada kerelaan mendengar kritik', 'Ada keikhlasan meminta maaf', 'Ada ketulusan melupakan kesalahan' dan 'Keberanian untuk mengemukakan pendapat' itu lah indahnya perbedaan, kita bisa hidup berdampingan dengan pasangan kita asal ikhlas dengan jalan yang di atur adanya “ KOMUNIKASI DUA ARAH “ karena dengan komunikasi segala nya bisa di bicarakan dan di pecahkan

- kesiapan menafkahi bagi laki-laki
Merasa dirinya belum cukup untuk menafkahi dirinya sendiri apa lagi untuk menafkahi seorang istri .... pikiran - pikiran itu selalu ada di benak para lelaki apalagi dengan melihat ekonomi sekarang yang apa apa mahal :-D, ingat... !!! 4JJI itu maha adil and maha bijaksana. Suatu hari temen ku bercerita sebelum dia menikah dia itu tidak memiliki apa apa... apa lagi yang hanya sebuah piring, sendok masih pinjem dengan orang tua bo’ ..... setelah menikah, ngak kebayang dia memiliki sendok, piring sampai kompor gas ..... subhanallah !!. Jadi 4JJI maha adil. 4JJI akan memberi rezeki kepada siapa saja dari mahluk-Nya , yang tadi nya jatah rezeki hanya untuk seorang diri dengan menikah jatah rezeki kita akan bertambah dengan hadirnya seorang suami/istri begitu juga nanti rezeki akan mengalir seiring lahirnya buah hati :-D

- Kesiapan memikul tanggung jawab
Tanggung jawab ... kadang terdengar sangat berat apa lagi menjalani nya ..... dengan tanggung jawab kita menjadi tau apa tujuan hidup kita, tujuan hidup kita tidak hanya makan, tidur, kerja tapi ada hal lain yang lebih mulia yaitu membina rumah tangga, ingat.. !! segala sesuatu klo di jalankan dengan ikhlas and segala nya karena mengharapkan ridho dari 4JJI yakinlah semua akan lancar ;-)

- Kesiapan mengandung bagi perempuan
Ada sebagian wanita menghadapi dilema “ waaa klo aku menikah terus hamil nanti badan ku melar dong !! ..... “ klo di lihat dari segi penampilan mungkin akan ada perubahan.... So.... emangnya hidup kita di dunia akan abadi, di dunia ini ngak ada yang abadi neng karena keabadian hanyalah milik 4JJI seorang ;-) .... dahulu anak- anak sekarang dewasa lalu tua... itu adalah hukum alam coba kita renungi dan nikmati perjalanan hidup & skenario kehidupan kita masing masing dalam hal ini mengandung ..... ada hal yang luar biasa yang kita bisa ambil pelajaran dari moment mengandung kita jadi tau maha besar 4JJI yang menciptakan manusia alangkah hebat ciptaan-Nya hanya dari segumpal darah bisa tercipta bayi yang mungil .... subhanallah subhanallah subhanallah sungguh karunia yang teramat sangat besar, menikah bukan hal menyatukan fisik saja karena fisik tidaklah abadi pernikahan menyatukan hati dan cinta selama cinta ada didalam hati fisik atau penampilan bukanlah suatu yang wajib..... ada sebuah kata indah AKU CINTA KAMU BUKAN KARENA KAMU CANTIK BUT YOU LOOKS BEAUTIFUL COZ I LOVE YOU ... gubrak ....hehehehe ;-)

- Dan yang utama kesiapan finansial
Finansial, hmm momok yang menakutkan, sehingga ada di antara kita yang membuat statement “ Gue mau nikah ntar kalo dah punya duit banyak, ntar kalo dah punya rumah, mobil dll ......“ wow kata kata yang sangat indah :D manusia itu tidak ada yang namanya puas dengan apa yang di milikinya. Mereka akan mencari dan terus mencari .... mau sampai kapan toh hidup ini bukan hanya untuk mencari harta saja tapi juga mencari ridho Ilahi, harta itu tidak di bawa mati bung.... neng :D, klo ngak sekarang mau sampai kapan ??.... emang mau hidup sendiri terus ;-) menikah itu ibadah loch menyempurnakan ½ dari agama.


B. Standar memilih pasangan yang terbaik and tersegala nya.

(eh, lids, milih kan perlu, masak asal comot ajah :p) nah itu sekilas kata temen kita yup memilih tapi memilih seperti apa ???
Jodoh adalah rahasia Allah SWT, yang kadang tak terduga datangnya....Karena terlalu cemas, ada sebagian yang memilih untuk bersikap agresif. Melakukan pendekatan kepada siapapun yang dianggap potensial untuk menjadi pasangan hidup dengan berbagai cara. Kadang tanpa perduli norma dan aturan agama
Karena ketergesa-gesaannya bisa berakibat tidak baik. Misalnya saja dia tidak akan selektif dalam memilih siapa calon suaminya. Kriteria-kriteria suami idaman pun kabur tertiup oleh desakan-desakan keluarganya. Akibat yang paling buruk dari sikap ini adalah timbul penyesalan di kemudian hari. Tumbuhnya kekecewaan pada pasangan karena tidak terlalu mengenal karakternya yang berujung pada perceraian. Naudzubillah min dzalik. Kita sebagai manusia dianugerahi akal dan pikiran. Disamping itu kita juga diberi hak ikhtiar (berusaha). Kita juga diberi pedoman berupa Al-Qur'an dan As-Sunnah, sehingga bisa membedakan kebaikan dan keburukan. Dengan begitu kita justru dituntut untuk berusaha dan beramal. Pilihan yang paling cocok saat 'penantian' adalah sikap proaktif. Bersikap proaktif bukan berarti pasrah tanpa usaha sama sekali, namun bukan pula bertindak tanpa perhitungan dan pertimbangan. Sikap proaktif itu berarti berdoa sekaligus melakukan upaya yang dibenarkan agama untuk merealisasikan doa tersebut. Kalau memang jodoh merupakan bagian dari takdir Allah, mengapa kita harus mengejarnya? Bila sudah takdir pasti akan datang sendiri. Allah telah menetapkan takdir bagi kita para hambaNya. Yang mengetahui takdir hanya Allah semata, kita tidak tahu bagaimana nasib kita besok. Ketika kita tidak tahu takdir yang akan kita terima, sedang kita diperintah untuk melakukan kebaikan maka kita sebagai mukmin harus memilih jenis perbuatan yang baik. I believe....wanita baik-baik adalah untuk laki-laki yang baik pula....Insya Allah....apalagi pada saat pencariannya, dilakukan dengan cara yang baik dan approach yang baik pula.... ( kata mami treesy ;-) ). Nah klo yang cowok gimana mam ;-) klo yang cowok kualitaskan diri agar sang aisyah bisa datang dengan sendirinya hehehehe. Kualitaskan diri maksud lo :-/ maksudnya jadilah cowok yang berani, bertanggung jawab, jujur, bisa di percaya hihihi kayak pramuka aja :-D

C. Ketidak Percayaan diri

Sebuah kisah menarik dari temen kita tentang cerita si Ahmad yang mendambakan Aisyah ( seorang pendamping: red ).... J si ahmad di berikan kelebihan juga kekurangan, selain pintar dan ganteng si ahmad juga cacat kakinya, kaki kirinya kecil sebelah sehingga dia tidak percaya diri untuk menikahi seorang gadis. Sang guru memberi teguran bahwasannya 4JJI maha adil dalam memberikan rezeki semua makhluk sudah di tentukan jodoh, rizki dan matinya lihat lah kecoa yang menjijikan dia juga ada jodohnya cacing dia juga mendapat rizki dari Alloh yang terpenting adalah berikhtiar lalu bertawakal jangan lupa berdoa, dengan perkataan sang kiayi si ahmad berikhitar dan dengan izin 4JJI ahmad mendapatkan istri sholehah lagi cantik ... subhanallah maha suci 4JJI yang telah maha adil and maha mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Manis sekali kata kata sang Kiayi itu, yup manusia itu di ciptakan berpasang pasangan karenanya istiqomah dan serahkan semua pada 4JJI karena Dia yang maha tau apa yang di butuhkan mahluknya dan yang terbaik bagi mahluknya.


Catatan sedikit dari moderator ( ehem dari tadi sedikit melulu padahal udah 3 lembar hehehe :-D ), menikah itu adalah ibadah dengan menikah berarti menyempurnakan ½ dari agama kita, hai para jomblo mania menikah harus siap menghadapi perubahan dalam hidup ini. Persoalan, konflik – konflik , keraguan is’t not big problem yang penting komunikasi dua arah dengan pasangan, satu kata keraguan adalah sifat dari setan so janganlah anda ragu, yakinlah pada diri sendiri dan serahkan semua kepada –NYA, bila ada kegagalan dalam berhubungan jangan patah semangat karena 4JJI Maha Tau yang kita tidak tau ikhtiar serta bersangka baiklah kalian terhadap 4JJI SWT. Jangan ada kata trauma jadikan itu sebagai pelajaran untuk pendewasaan diri.
Jadiiiii kesimpulannya MENIKAHLAH SEGERAAAAAAAAAAA !!!!! ( red : kata olieds )

Wassalam semoga bermanfaat........ ;-) saya selaku moderator mohon maaf klo ada salah dan kekurangan maklum namanya aja manusia, al insanu mahalul khoto’i wanisyaa’an. Karena kesempurnaan hanya milik sang MAHA SEMPURNA ALLAH SWT

Moderator
Wiwinnie

There

  1. Blogger Agi Subagio | 3:57 PM, June 17, 2005 |  

    mau! pengen! tapi lagi nyari nih... he..he..he..
    ah... nyang penting sih selalu berusaha dan berdoa.